Kamis, 22 Desember 2011

Contoh Pengaruh Teknologi Tinggi Dalam Kultur Kita

1. Film
a. The Time Machine
Film ini menceritakan tentang seorang ilmuwan, yang karena kematian kekasihnya dia bertekad membuat sebuah mesin waktu, dalam usaha untuk mencegah kekasihnya mati. Mesin waktu: dia berhasil. Kekasihnya: dia gagal. Berapa kali-pun dia kembali ke masa lalu mencoba menyelamatkannya, gadis idamannya selalu mati. Maka ia mencari jawaban masalah tersebut ke masa depan..
Teknologinya jelas: Mesin Waktu. Hal ini tentu saja tidak mungkin bagi manusia, tapi ini bagaikan holy grail bagi orang-orang yang menginginkan keabadian. Dengan mesin waktu, berarti kita dapat mengurangi entropi. Kita bisa mengendalikan takdir kita sendiri. Ada kesalahan? Undo. Kita telah lepas dari kontinuum ruang-waktu, tak ada lagi masa lalu, sekarang atau masa depan. Waktu milik kita. Sebuah khayalan tingkat tinggi
b. Star Wars
Film ini sangat populer. Star Wars menceritakan tentang kehidupan seorang Jedi di Long ago, in a galaxy far, far away.. Petualangan dan pertempurannya seru. Tapi saya bahas segini aja. Mending nonton filmnya..
Teknologi di film ini banyak: Pesawat Antariksa FTL(Faster Than Light), Komunikasi 3D, Senapan Laser, Mobil Terbang, Pasukan Robot…. Intinya, berbagai teknologi di film ini adalah impian para futurist. Bayangan akan bagaimana bentuk teknologi yang akan digunakan di masa depan. Sebetulnya, beberapa dari teknologi ini sudah tidak begitu lama lagi.. Walau mungkin adanya Alien dan koloni di luar angkasa, perang antar planet masih dalam lingkup science fiction.
c. Tokyo Drift
Film ini menggunakan teknologi otomotif dalam ceritanya. Teknik modifikasi mobil yang tinggi digunakan untuk balap dan bergaya di jalan raya. Hal ini mungkin banyak membuat orang terkagum dan meniru tren modifikasi mobil tersebut.
2. Cerita / Buku
a. Digital Fortress (Novel)
Digital Fortress adalah novel yang menceritakan tentang sebuah kode enkripsi yang super kuat dan tak terpecahkan, tak ada komputer yang sanggup mendekripsikannya. Dan penyebaran kode ini adalah bom waktu bagi NSA, biro agen kriptografi Amerika Serikat, karena hal ini akan menghilangkan kemampuan melacak mereka..
Teknologi di sini adalah kriptografi. Kini dengan adanya komputer, kemampuan enkripsi pesan telah menjadi semakin kuat. Tapi total privacy ini juga mengakibatkan mudahnya para teroris saling berkoordinasi.. Hingga sebetulnya, saya cukup yakin Amerika Serikat punya sebuah superkomputer untuk bruteforce password. Menurut saya, ini termasuk necessary evil. Buku ini memberikan sebuah contoh sisi baik dan buruk dari teknologi.
b. 20.000 Leagues Under the Sea
Petualangan kapal selam menjelajahi hingga palung laut terdalam. Kapal selam adalah teknologi yang masih kurang dikembangkan, menurut saya. Telah lebih banyak orang yang pergi ke Luar Angkasa daripada orang yang menyentuh dasar laut. Padahal sebetulnya, kalau melihat di NGC dan Discovery Channel, dasar laut is an amazing world..
c. Doraemon (Komik)
Apa itu Doraemon? saya yakin anda semua tahu, jadi engga perlu pengenalan.. Walau terdengar kekanak-kanakan, Doraemon adalah salah satu yang mendorong saya ingin menjadi engineer. Alat-alat ajaib Doraemon adalah impian bagi kebanyakan anak-anak. Dan saya yakin, kita pernah berpikir “Seandainya aku punya baling-baling bambu..”;”Seandainya aku punya pintu kemana saja..”;”Seandainya aku punya Doraemon..”. So? Menurut saya, Wright Brothers adalah orang yang berpikir “Seandainya aku bisa terbang..”
d. Supernova
Artikel dalam National Geographic ini bercerita tentang kematian sebuah bintang yang ditandai dengan ledakan bintang tersebut. Tentu tulisan ini membuat orang yang membaca khawatir jika supernova tersebut terjadi pada matahari. Saya rasa ada juga buku dengan judul Supernova yang merupakan kelanjutan dari artikel ini.
3. Lirik Lagu
a. Slightly Stoopid: Leaving on a Jet Plane
‘Cause I am leaving on a jet plane.. don’t know when i’ll be back again..
Pesawat Jet.. teknologi transportasi yang telah membuat dunia terasa lebih kecil. Tapi tetap saja pelaku lirik tersebut tak mau meninggalkan kekasihnya barang sebentar..
b. . USA National Anthem: The Star Spangled Banner
And the rocket’s red glare, the bombs bursting in air..
Lagu nasional Amerika Serikat telah mencantumkan Roket dan Bom.. Apakah ini salah satu yang mendorong mereka menjadi negara paling maju di Luar Angkasa(Roket) atau teknologi perang(Bom)?
c.Nothing Frequency (Autopilot Off)
Lagu bercerita tentang sinyal telekomunikasi yang tiba-tiba tidak stabil dan akhirnya “down” dan terjadi kekacauan dalam hidup manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar